Friday, October 30, 2015

Negara Api Itu Memang Pernah Ada Loh

Krakatau

Negara Api, nama yang sangat familiar di sinema animasi Avatar The Legend Of Ang. Tapi nyatanya nama itu tidak hanya sekedar legenda loh. di Indonesia pun memang pernah ada satu kerajaan yang namanya Negeri Api atau Negara Api. Nama resminya adalah Mandala Agny Nusa. Mandala berarti Kerajaan bawahan. Agny Nusa berarti Pulau Api.

Mandala Agny Nusa atau Negara Api adalah kerajaan kecil di tempat yang kini dikenal sebagai gugus kepulauan Krakatau, diseleat sunda. Disebut Negara Api karena memang di pulau itu ada gunung krakatau yang senantiasa aktif sepanjang zaman. Adalah kerajaan Salakanagara yang belakangan ini dikenal sebagai Kerajaan pertama di Nusantara, jauh lebih dulu dari Kerajaan Kutai di Kalimantan yang sebelumnya ditetapkan sebagai kerajaan tertua dan pertama di Nusantara.

Di abad ke 2 Masehi, Dewawarman selaku Raja Salakanagara saat itu, mempersatukan wilayah kekuasan kekuasaan kecil menjadi Mandala atau kerajaan bawahan Salakanagara, salah satu kerajaan bawahan itu ya Negara Api alias Mandala Agny Nusa tadi yang berada di pulau Krakatau itu.

No comments:

Post a Comment